Pembuatan dan penerapan digital marketing dan marketing channel merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha, terutama Usaha Kecil Menengah (UKM). Hal ini dikarenakan UKM memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan yang sesuai dengan kepentingan rakyat dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang maksimum. Oleh karena peran UKM yang sangat penting tersebut, membuat setiap UKM saling bersaing terutama dalam hal pemasaran produk. Hal tersebut karena pemasaran produk yang tepat tentu menghasilkan pendapatan yang tinggi, dengan demikian memberikan keuntungan yang besar. Salah satu strategi yang dapat dilakukan ialah dengan membuat dan menerapkan digital marketing dan marketing channel. Kedua hal tersebut juga harus disesuaikan dengan strategi pemasaran yang tepat. Digital marketing yang dimaksud ialah media pemasaran online dan atribut pemasaran, sedangkan marketing channel yang dimaksud ialah dengan memperluas saluran pemasaran dan penjualan produk. Dampak positif yang terjadi pada UKM nantinya adalah UKM mampu menjalankan bisnis secara mandiri, memasarkan produk dengan baik melalui media pemasaran online (e-marketplace) dan atribut pemasaran dan memperluas saluran pemasaran dan penjualan produk.