INFO PENTING !!!

10 Agustus 2018 : Batasa akhir pengumpulan proposal Business Plan berupa soft copy ke email =>> hima.managemen@stikom.edu ( maks pkl 21:00 WIB )

11 Agustus 2018 : Hari H perlombaan dan registasi dimulai dari pukul 08:00 WIB yang mewajibkan peserta untuk membawa 1 hardcopy business plan.

Peserta  dapat membawa prototype untuk nilai tambah dan melakukan presentasi berupa Power Point untuk melalui tahap lanjutan dari penilaian lomba Business Plan 2018 

Terimakasih atas perhatiannya, dan semoga sukses!!!

 

RULES AND REGULATION

Management Competition

2018

 

I. PERATURAN UMUM

1. Business Plan Competition merupakan kompetisi bagi siswa/i SMA/K yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Management Competition 2018.

2. Management Competition 2018 merupakan lomba business plan yang berlangsung menggunakan Bahasa Indonesia.

3. Peserta lomba akan bersaing dalam tim, dimana setiap tim terdiri dari maksimal 3 orang dan, sedangkan untuk siswa/i SMA/K boleh berasal dari jurusan yang berbeda namun tetap dalam satu sekolah.

4. Setiap peserta Management Competition 2018 merupakan pelajar SMA/K yang berstatus aktif.

5. Tim yang sudah mendaftar wajib menyelesaikan proses administrasi dalam waktu yang telah ditentukan. 

6. Setiap anggota tim yang telah terdaftar dan telah menyelesaikan proses administrasi bersifat mutlak dan tidak boleh digantikan dengan alasan apapun.

 

II. PERATURAN KOMPETISI TAHAP SELEKSI PROPOSAL

1. Setiap tim wajib membuat satu proposal business plan sesuai dengan tenggang waktu yang diberikan.

2. Tidak ada batasan tema dan kategori untuk proposal business plan yang akan diikutsertakan dalam Management Competition, namun peserta diharuskan untuk memberikan dampak sosial di dalam bisnisnya.

3. Proposal business plan yang sudah dikumpulkan bersifat final dan tidak dapat diganti dengan alasan apapun.

4. Proposal business plan yang dikumpulkan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta dapat diimplementasikan secara nyata dan tidak melanggar undang-undang yang berlaku serta tidak mengandung unsur SARA.

5. Keterlambatan pengumpulan softcopy proposal serta berkas-berkas administrasi akan dikenakan sanksi berupa pemotongan poin sebesar 10%.

6. Proposal business plan hanya dinyatakan sah apabila berisikan rencana bisnis yang bersifat original (anti-plagiarisme), belum berjalan (masih berupa rencana), dan belum pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara di kompetisi manapun.

7. Segala bentuk plagiarisme akan menyebabkan sanksi diskualifikasi serta juri berhak membatalkan segala bentuk kemenangan jika di kemudian hari terbukti terdapat indikasi plagiarisme.

8. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.

9. Peserta yang sudah melakukan proses administrasi wajib untuk mengikuti rangkaian lanjutan Management Competition 2018 di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

10. Setiap perubahan peraturan Management Competition 2018 akan diumumkan melalui website www.manajemen.stikom.edu.

III. KETENTUAN PROPOSAL

  1. Proposal business plan diketik dengan Bahasa Indonesia.
  2. Font yang digunakan dalam pengetikan proposal business plan adalah Times New Roman, dengan ukuran huruf 16 untuk judul, ukuran huruf 14 untuk sub-judul, dan ukuran huruf 12 untuk isi proposal.
  3. Margin penulisan proposal sebesar 2,54 cm untuk setiap sisinya (kecuali cover).
  4. Penulisan proposal menggunakan line spacing 1,5 cm dengan format justified.
  5. Format penulisan proposal dapat mengacu kepada bagian SusunanKerangka Proposal, namun tidak diwajibkan untuk persis sama, terkecuali untuk bagian cover proposal. Peserta harus memenuhi ketentuan cover proposal yang telah ditetapkan.
  6. Mencantumkan Business Model Canvas (BMC)
  7. Proposal business plan maksimal terdiri dari 20 halaman dengan ukuran kertas A4 di luar cover, daftar pustaka dan lampiran.
  8. Proposal business plan dikumpulkan dalam format Word atau PDF dan softcopy ke E-mail

hima.managemen@stikom.edu dengan batas akhir pengumpulan pada tanggal 10 agustus 2018.

  1. Proposal business plan dikirim dengan nama file: MENTION_(sma)_(NamaTim)_(NamaBisnis).pdf.

Contoh: MENTION_SMASentosa7_TimAsik_SepatuUnik.pdf.

 

IV. KRITERIA PENILAIAN TAHAP SELEKSI PROPOSAL

  • Struktur dan kelengkapan proposal business plan. (5%)
  • Latar belakang permasalahan atau peluang yang diangkat dan ide bisnis beserta value yang ditawarkan sebagai solusi atas permasalahan tersebut (disarakan menggunakan tools, seperti value proposition dari Osterwalder). (30%)
  • Analisis peluang pasar (market opportunity) akan ide bisnis yang ditawarkan. (15%)
  • Aspek bisnis dari sisi pemasaran, operasional, SDM, dan keuangan. (20%)
  • Dampak bisnis terhadap lingkungan atau masyarakat. (10%)
  • Business Model Canvas (BMC). (20%)

 

V. MEKANISME ADMINISTRASI DAN PEMBAYARAN

1. Setiap tim diminta untuk mengisi formulir pendaftaran secara lengkap sesuai dengan ketentuan pada website resmi Management Competition 2018  www.manjemen.stikom.edu

2. Peserta diwajibkan untuk melunasi biaya pendaftaran per tim sebesar  Rp150.000,00 bagi siswa/i SMA/K  untuk mengikuti tahap seleksi proposal.

3. Periode pendaftaran MENTION 2018 adalah (01 Mei 2018 – 07 agustus 2018)

4. Tata cara pembayaran dana administrasi lebih lanjut dapat dilihat setelah melakukan registrasi pada website resmi www.manajemen.stikom.edu.

 

VI. SUSUNAN KERANGKA PROPOSAL

I. Cover

Pada cover proposal wajib dicantumkan nama tim, nama, dan logo produk, serta logo MENTION 2018. Desain cover dibebaskan sesuai dengan kreativitas peserta lomba.

II. Daftar Isi

III. Ringkasan Eksekutif

Penjelasan akan proposal business plan secara ringkas dalam 1 halaman.

IV. Deksripsi Bisnis

Penjelasan akan latar belakang masalah yang diangkat untuk pembuatan produk/jasa, analisis penawaran dan permintaan, deskripsi produk/layanan, visi dan misi perusahaan, tujuan dan sasaran perusahaan selama 1 tahun kedepan, value yang ditawarkan, strategi bersaing perusahaan, serta Business Model Canvas (BMC).

V. Rencana Operasional

Penjelasan tujuan dan sasaran operasional, proses produksi/penyediaan layanan, kebutuhan aset produksi/penyediaan layanan, pengendalian standar kualitas produk/layanan, pengendalian pemasok pengendalian persediaan, serta rencana anggaran operasional.

VI. Rencana Pemasaran

Penjelasan akan tujuan dan sasaran pemasaran, klasifikasi konsumen sasaran, rencana pembangunan merek bisnis, rencana komunikasi pemasaran (meliputi rencana peluncuran produk dan layanan, rencana promosi produk dan layanan, rencana distribusi, serta rencana pengelolaan konsumen loyal), rencana penetapan harga, organisasi tim pemasaran, rencana proyeksi penjualan 1 tahun kedepan, serta rencana anggaran pemasaran.

VII. Rencana Sumber Daya Manusia

Penjelasan akan tujuan dan sasaran sumber daya manusia, budaya perusahaan yang ingin dikembangkan, struktur organisasi, kebijakan rekrutmen, kebijakan pelatihan dan pengembangan, kebijakan penilaian kinerja, kebijakan kompensasi, serta rencana anggaran SDM.

VIII. RencanaKeuangan

Penjelasan tujuan dan sasaran keuangan, kebutuhan pendanaan untuk memulai bisnis, alokasi modal Kerja dan investasi, serta proyeksi laporan keuangan 1 tahun kedepan.

VIX. Penutup

             Berisi daftar pustaka dan lampiran

 

RANGKAIAN ACARA DAN TANGGAL PENTING MANAGEMENT COMPETITION 2018

Berikut adalah rangkaian acara dan tanggal penting Management Competition 2018 :

  • 01 Mei – 07 Agustus 2018           Pendaftaran Management Competition 2018.
  • 03 Agustus 2018                          Seminar Business Model Canvas 
  • 08 Agustus 2018                          Technical Meeting
  • 10 Agustus 2018                          Batas akhir peserta mengumpulkan Proposal Business Plan (softcopy)
  • 11 Agustus   2018                        Pelaksanaan Management Competition 2018

VII. HADIAH

- Juara Pertama : Uang Tunai Sebesar Rp 1.000.000 + Trophy + Sertifikat + Beasiswa Masuk Stikom Surabaya Sebesar Rp 4.500.000/ 3 orang

- Juara Kedua : Uang Tunai Sebesar Rp 750.000 + Trophy + Sertifikat + Beasiswa Masuk Stikom Surabaya Sebesar Rp 3.000.000/ 3 orang

- Juara Ketiga : Uang Tunai Sebesar Rp 500.000 + Trophy + Sertifikat + Beasiswa Masuk Stikom Surabaya Sebesar Rp 2.250.000/ 3 orang

 

INFORMASI TENTANG LOMBA MENTION =>> https://goo.gl/Mu1166

BROSUR LOMBA =>> https://goo.gl/PGVT2X

RUNDOWN ACARA =>> https://goo.gl/ya62py